IPB University Jalin Kerja sama dengan Penyedia Layanan Blockchain

Rektor IPB University Arif Satria bersama Direktur Utama PT Indonesia Blockchain Persada Muhammad Yafi. (IPB University)

Editor: M Kautsar - Selasa, 19 Juli 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - IPB University menjalin kerja sama dengan Indonesia Blockchain Persada. Rektor IPB University Arif Satria mengatakan memperkuat aspek hubungan IPB University terkait persoalan pertanian untuk menumbuhkan percepatan transformasi 4.0.

"Alhamdulillah hari ini bisa berjumpa untuk IPB University menjalin bekerjasama dengan PT Indonesia Blockchain Persada atau Blocktogo, sebuah lembaga yang menurut saya merupakan lembaga masa depan. Lembaga yang memang terkait dengan teknologi-teknologi di dunia,” kata Arif, diakses dari laman IPB University, Selasa (19/7/2022).

Nota kesepahaman kerja sama tersebut ditandatangani oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria bersama Muhammad Yafi, Direktur Utama PT Indonesia Blockchain Persada di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Arif berharap melalui kerja sama dengan Blocktogo ini, IPB University bisa membangun Smart Agrologistic System. “Menggunakan pendekatan blockchain akan lebih efisien juga lebih akuntabel. Dari aspek implementasi ini sangat penting sekali untuk percepatan transformasi 4.0.  Teknologi itu mudah, yang sulit itu adopsinya,” ucapnya.

Sementara itu, Muhammad Yafi mengatakan, “Kita berharap kerjasama ini bisa cepat kita laksanakan terutama di pertanian, pertanahan, perikanan dan agrobisnis. Ekspor dan impor juga bisa kita trackoff dengan blockchain,” ujar Yafi.

Ia menambahkan melalui kolaborasi ini bisa diwujudkan pengembangan sumberdaya manusia untuk spesialis blockchain.

Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, Prof Dodik Ridho Nurrochmat menambahkan biasanya IPB University satu Memorandum of Understanding (MoU) rata-rata tiga Perjanjian Kerja Sama (PKS). “Jadi kita upayakan tidak ada klaim MoU tanpa PKS,” ujarnya.

Baca Juga: IPB University Jalin Kerja sama dengan Penyedia Layanan Blockchain
Aksesi Ubi Kayu IPB University Berpotensi Tinggi Sebagai Varietas Unggul

Sementara itu pakar blockchain IPB University yang juga Guru Besar di Fakultas Tekonologi Pertanian, Yandra Arkeman, mengatakan teknologi blockchain dibutuhkan untuk membangun sistem logistik pertanian yang transparan.

"Ini penting untuk menghadapi ketahanan pangan yang menjadi isu nasional dan global,” kata Yandra.

Lalu ia menyebutkan terkait uang digital, menurutnya ini merupakan suatu keniscayaan. “Nanti bisa jadi tidak akan ada lagi uang kertas.   Kita semua akan beralih ke uang digital. Maka di sini juga hadir dari Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri). Selama ini Peruri mencetak uang.  Nah nantinya Peruri akan mengurus uang dalam bentuk digital ini,“ urainya. 

Video Terkait