Andritz Sajikan 3 Inovasi Teknologi Pakan Akuatik dan Ternak

Salah satu mesin pembuat pelet Andritz. (Andritz)

Editor: M Kautsar - Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:30 WIB

Sariagri - Pakar pakan dan bahan bakar nabati, Andritz akan menyajikan tiga inovasi di gelaran Victam Asia 2022. Tiga inovasi baru tersebut untuk pasar pakan akuatik dan ternak, yaitu 3-Roll Assembly Upgrade untuk Paladin 2000, sistem umpan mikro, dan Metris Vibe.

Manajer Global MarCom Andritz untuk pakan dan bahan bakar nabati, Stefan de Roo mengatakan pengembangan produk tersebut memungkinan pelanggan mencapai produksi yang aman dan hemat biaya. “Di Andritz kami berfokus pada pengoptimalan proses dan pengembangan inovatif yang akan memungkinkan pelanggan mencapai produksi yang paling aman dan hemat biaya, dengan limbah dan penggunaan energi yang minimal,” ucap Stefan melalui keterangan resminya kepada Sariagri, Jumat (5/8/2022).

Langkah Andritz muncul karena berkembangan pasar pakan di Asia yang mendorong solusi pabrik untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat, terutama mengingat pertumbuhan populasi dan peningkatan kemakmuran. Standar hidup yang tinggi, kata Stefan, menciptakan peningkatan kebutuhan protein kualitas lebih tinggi. Selain itu, peningkatan kekayaan juga mendorong sektor makanan hewan peliharaan ke depan.

“Kami di sini untuk mendukung pelanggan kami di Asia untuk semua kebutuhan solusi pabrik mereka– baik untuk industri pakan, makanan hewan, atau biomassa– berdasarkan spesifikasi pasti mereka dengan total biaya kepemilikan serendah mungkin. Pakar kami akan menyambut orang-orang ke stan secara langsung, untuk mendengarkan tantangan mereka dan untuk menunjukkan bahwa, dengan layanan industri yang paling tepercaya, kami ada untuk pelanggan kami setiap saat,” ucap dia.

Andritz bekerja dengan mitra yang berpengalaman memungkinkan produsen pakan untuk beroperasi secara efektif sepanjang siklus hidup peralatan, memaksimalkan kapasitas, dan berkontribusi pada laba yang kuat.

Untuk produsen pakan ternak, Andritz akan memperkenalkan 3-Roll Assembly Upgrade untuk Paladin 2000, sistem penyesuaian roller otomatis yang menyediakan jarak yang dapat disesuaikan antara die dan roll untuk memungkinkan produsen mengatur jarak yang sempurna untuk resep yang berbeda dalam satu pabrik pelet. Pengukuran jarak rata-rata untuk beberapa resep akan menjadi sesuatu dari masa lalu, sementara kualitas pelet, kapasitas, dan pemanfaatan daya semuanya akan meningkat.

Selanjutnya, sistem umpan mikro. Pemenang penghargaan AFTaN ini memiliki sistem peningkatan ekstruder khusus yang dirancang untuk umpan akuatik yang berukuran kurang dari 2 mm. Sistem akan dipasang pada ekstruder yang juga dilengkapi unit ventilasi khusus.

Unit ini memberikan fleksibilitas tambahan dalam mengelola variasi bahan baku yang lebih luas dalam produksi pakan akuatik yang tenggelam, yang mengarah ke akurasi dan kontrol yang lebih baik melalui penyesuaian waktu nyata, kualitas dan hasil yang lebih tinggi.

Terakhir, Metris Vibe, solusi terintegrasi untuk pemantauan kondisi, akan dipresentasikan kepada industri pakan di pameran tersebut. Metris Vibe adalah sensor suhu dan getaran nirkabel yang dapat memantau status kesehatan peralatan mekanis terlepas dari produsennya. 

Sensor bekerja di semua lingkungan yang kasar dan memberikan biaya operasional yang lebih rendah melalui pengurangan perawatan karena kemampuan prediktifnya, peningkatan waktu kerja, keandalan produksi yang lebih tinggi, dan peningkatan keselamatan.

Video Terkait