Unik! Petani Modif Traktor Berbahan Bakar Gas Elpiji untuk Bajak Sawah

Traktor elektrik buatan Monarch Tractor. (Istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Senin, 12 September 2022 | 14:15 WIB

Sariagri - Belum lama ini tengah viral video di media sosial memperlihatkan salah seorang petani di Aceh menggunakan gas elpiji untuk bahan bakar mesin traktor bajak sawah. Video tersebut dibagikan melalui unggahan akun Instagram @andreli_48.

Pria itu diduga beralih ke bahan bakar gas elipiji karena Bahan Bakar Minyak (BBM) saat ini sedang mahal. Hingga akhirnya ia memodif traktornya agar bisa menggunakan bahan bakar gas elipiji.

"Warga Tangse Pidie Aceh mengolah gas elpiji 3kg untuk pengganti BBM untuk bajak sawah," tulis keterangan video unggahan akun tersebut.

Pria modif traktor berbahan bakar gas elpiji (Instagram)
Pria modif traktor berbahan bakar gas elpiji (Instagram)

Pada video yang singkat itu, terlihat di atas traktor terdapat tabung gas elpiji 3 kilo berwarna hijau. Gas elpiji tersebut tampak terhubung ke mesin traktor yang menjadi dugaan bahwa gas elpiji ini menjadi pengganti BBM.

Saat membajak sawah dengan menggunakan mesin yang dilengkapi tabung gas elpiji, pria yang mengenakan baju berwarna biru itu hanya mampu tersenyum lebar menertawakan kekreatifan dirinya sendiri.

Baca Juga: Unik! Petani Modif Traktor Berbahan Bakar Gas Elpiji untuk Bajak Sawah
Genjot Produktivitas Pertanian 2021, Kementan Siapkan 34.356 Unit Alsintan

Sontak unggahan tersebut pun viral dan berhasil menyita perhatian warganet. Hingga berita ini dibuat sudah lebih dari ratusan pengguna menyukai unggahan ini. Adapun ragam komentar memenuhi kolom komentar.

"Mungkin prinsipnya apapun sumber yang menghasilkan energi min," komen warganet.

"Mantap betul kreatifnya," ujar warganet.

"Bukan hal baru lg. Di daerah saya sudah lama pakek sistem ini tpi pada akhirnya ttep kembali ke BBM.krn di sebabkan kenaikan harga LPG setelah di hitung hitung ketemunya ttep lebih mahal," jelas warganet.

Video Terkait