Tak Mau Ketinggalan Tren, Perusahaan Ini Keluarkan Koleksi Sepatu Vegan

Sepatu Vegan. (Soul Sneaker Boutique)

Editor: Dera - Rabu, 27 Januari 2021 | 19:45 WIB

SariAgri - Tren gaya hidup vegan makin meningkat akhir-akhir ini. Tidak hanya soal makanan, gaya hidup vegan juga sudah merambah ke dunia fashion dan kecantikan. Semakin banyak perusahaan termasuk peralatan olah raga yang meluncurkan produk vegan.

Tak mau kalah dari pesaing-pesaingnya, Nike meluncurkan sepatu skate SB Dunk versi vegan dan bebas kulit. Dikenal sebagai "Baroque Brown", sepatu ini memiliki siluet SB Dunk klasik dengan skema warna coklat dan hijau bertema alam.

Melansir Vegconomist, ketersediaan sepatu masih akan dibatasi, dan Nike belum mengumumkan rencana untuk menjualnya di AS. Sementara, koleksi ini akan tersedia di Soul Sneaker Boutique di Meksiko dan beberapa toko di seluruh Eropa mulai bulan depan.

Sebelumnya pada 2019, Nike pernah membuat inisiatif bernama Move to Zero dengan tujuan menjadi karbon netral. Tak lama kemudian, mereka meluncurkan rangkaian yang disebut Space Hippie yang dibuat dengan bahan yang berkelanjutan. Perusahaan tersebut telah memanfaatkan bahan daur ulang secara ekstensif seperti botol plastik, nilon dan limbah pasca industri.

Salah satu perusahaan perlengkapan olah raga ini juga pernah meluncurkan sepatu olahraga vegan dan berkelanjutan bekerja sama dengan label streetwear London Maharishi pada 2019.

Baca Juga: Tak Mau Ketinggalan Tren, Perusahaan Ini Keluarkan Koleksi Sepatu Vegan
Mengapa Kaviar Harganya Mahal? Ini Penjelasan Pakar

Banyak perusahaan sekarang menanggapi meningkatnya permintaan sepatu vegan dan sepatu berkelanjutan, dengan Adidas baru-baru ini meluncurkan sepatu yang dibuat dengan kulit jamur vegan dan plastik laut daur ulang. Reebok meluncurkan sepatu vegan pada tahun 2019, sementara Vans dan Mercer Amsterdam juga telah melakukan hal serupa.

Pada Oktober tahun lalu, sebuah laporan memperkirakan bahwa pasar alas kaki vegan sekarang bernilai hampir 25 miliar dollar AS, dengan pertumbuhan diperkirakan akan terus berlanjut. Meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim dan keberlanjutan merupakan faktor pendorong utama.