Kendalikan Keropeng Domba, Inggris Luncurkan Proyek Ambisius

Ilustrasi Domba. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 8 April 2021 | 13:00 WIB

SariAgri -  Sebuah terobosan baru di Inggris menggunakan pengujian serologis diluncurkan untuk meningkatkan pengendalian keropeng atau koreng domba di tiga area hot spot.

Dilansir dari FarmingUK, proyek ini akan berjalan selama dua tahun di tiga area fokus, dimana keropeng menyebabkab masalah signifikan seperti di Barat Laut, Midlands dan Barat Daya.

Peternak yang berpartisipasi ditawarkan saran di pertanian dan tes darah gratis menggunakan tes ELISA keropeng domba yang dikembangkan oleh Moredun Research Institute. Proyek ini juga akan menanggung pembayaran biaya kunjungan oleh ahli bedah hewan setempat.

Keropeng domba, penyakit yang sangat menular, disebabkan oleh tungau parasit Psoroptes ovis, merugikan industri domba Inggris sekitar £ 70-200 juta setiap tahun.

Penyakit ini tetap menjadi masalah yang signifikan bagi kesehatan, kesejahteraan, dan produktivitas domba sejak tahun 1950-an ketika ditularkan kembali melalui domba impor.

Populasi tungau kudis domba di Inggris sekarang telah terbukti resisten terhadap salah satu pengobatan utama, lakton makrosiklik suntik (MLs). Penyelenggara proyek Institut Moredun mengatakan sangat penting bagi industri melakukan upaya bersama untuk mengendalikan penyakit.

Dr Stewart Burgess, pemimpin proyek dari Moredun berkata, “Keropeng domba adalah momok nyata bagi industri domba di Inggris,”ujarnya.

"Inisiatif baru ini memberi kami kesempatan untuk menjadi yang terdepan dalam hal pengendalian kudis, menetapkan tolok ukur baru untuk cara kami menangani penyakit di masa mendatang,” imbuhnya.

Proyek ini akan dikoordinasikan oleh kelompok industri lokal yang sudah bekerja dengan peternak domba di setiap area fokus. Ini akan mencakup Jaringan Petani di Barat Laut, ADAS di Midlands dan Asosiasi Domba Nasional (NSA) di Barat Daya.

Baca Juga: Kendalikan Keropeng Domba, Inggris Luncurkan Proyek Ambisius
Tingkatkan Ekonomi Peternak Bantul, UGM Beri Bantuan Kandang Domba

Kepala Petugas Hewan Inggris Dr Christine Middlemiss mengatakan, "Kombinasi unik mereka dari nasehat di peternakan, pelatihan dan tes darah akan mendukung peternak domba.”

"Ini adalah pendekatan yang dipimpin oleh komunitas yang menarik untuk pengendalian kudis domba dan saya menantikan untuk melihat proyek yang menarik ini membuahkan hasil,” jelas Middlemiss.