Kisah Peternak Burung Murai Asal Solo Ini Ciptakan Aplikasi Jual-Beli Hewan Ternak

Ilustrasi aplikasi jual beli. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:30 WIB

Sariagri - Di era teknologi, manusia dimudahkan dalam melakukan segala kegiatan, terutama bagi para peternak di masa pandemi COVID-19. Sebuah kreasi dari peternak burung murai, Indra Pronetto, asal Solo Jawa Tengah yang membuat sebuah aplikasi Aneka Satwa.

Aplikasi yang dikembangkan Indra banyak digunakan oleh para peternak di Solo. Mulai dari peternak burung, sapi, hingga kambing. Lewat aplikasi tersebut, para pengguna bisa berinteraksi berbagi ilmu, cerita cara merawat hewan, hingga transaksi jual beli hewan ternak.

Awal mula ide menciptakan aplikasi Aneka Satwa yaitu ketika pasar hewan ditutup akibat adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Sang peternak berpikir bagaimana caranya agar hasil ternak mereka dapat tetap terjual, meski pasar hewan ternak ditutup. Hingga akhirnya, para peternak bisa merasakan manfaat dari aplikasi Aneka Satwa.

"Jadi di situ (aplikasi) kita bisa bersosial media, bisa juga jual beli, jadi bisa berkomunitas tiap komunitas bisa berbagi cara beternak, sampai jual beli ke end user," kata Indra.

Pandemi COVID-19 menjadi momok dan penghalang roda ekonomi. Betapa tidak, para peternak tidak dapat menjual hasil ternaknya. Dengan adanya aplikasi Aneka Satwa, kini para peternak bisa menjual ternaknya dengan jangkauan yang lebih luas lewat sebuah aplikasi.

"Saya kira ini untuk ke depan untuk memancing para peternak, kalau beternak itu lebih gampang untuk pemasarannya. Kita ada wadahnya," tutur Jasmani peternak burung Murai.

Baca Juga: Kisah Peternak Burung Murai Asal Solo Ini Ciptakan Aplikasi Jual-Beli Hewan Ternak
Nikmati Layanan Inovasi Closed Loop Produk Pertanian Pemda Garut

Kendati demikian, aplikasi Aneka Satwa hanya mengizinkan adanya penjualan hewan ternak, bukan hewan terlarang atau dilindungi. Nantinya, para peternak bisa memasang harga sesuai kualitas.

Selain itu, calon pembeli bisa dimudahkan dalam memilih dan menyesuaikan dengan ketersediaan dana. Yang jelas, aplikasi ini hadir di tengah pandemi untuk memudahkan warga dalam bertransaksi hewan ternak.

Video Terkait