Hebat, Pelajar Ini Ciptakan Tas Belanja Sinar UV Anti COVID-19

Pelajar ciptakan tas ultraviolet. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 4 November 2021 | 20:20 WIB

Sariagri - Dalam upaya menekan penggunaan tas plastik, dua pelajar SMAN 1 Kabupaten Gresik, Jawa Timur, membuat terobosan tas belanja dari bahan limbah kain.

Hebatnya, di dalam tas ini dilengkapi aluminium foil dan lampu pijar yang mampu mengeluarkan sinar ultra violet (UV). Sinar UV ini sengaja dipasang di dalam tas untuk membunuh kuman, virus dan bakteri, sehingga barang belanjaan menjadi lebih steril.

Inovasi tas belanja ini digagas Aiko Vitranty Araminta Sukmananda dan Sarasifa Mashia Hermawanputri, pelajar kelas XII SMAN 1 Gresik. Menurut Aiko Vitranty tas belanja dari bahan kain limbah ini, selain berfungsi untuk kesehatan juga sangat modis untuk traveling dan hangout.

“Tas berbahan kain bekas atau kain limbah dan aluminium foil ini tidak sekedar tampil modis,  tetapi juga berfungsi untuk melakukan sterilisasi bakteri dengan memadukan unsur teknologi dan budaya batik khas gresik, “ ujar penggas tas belanja, Aiko Vitranty kepada Sariagri, Kamis (4/11/2021).

Ia menambahkan penampilan luar tas ciptaannya sepintas mirip produk sejenis pada umumnya. Namun didalamnya dilengkapi dengan kantung berteknologi yang mampu melindungi makanan maupun beranng belanjaan dari paparan bakteri maupun kuman.

Aiko menyebutkan alasan menciptakan tas unik ini, berawal dari keinginan memproteksi diri dari bahaya covid-19, akibat bersentuhan dengan orang lain.

“Penambahan sinar ultraviolet khususnya ultraviolet c (UV-C) dapat mematikan kuman dan virus yang menempel pada benda atau barang belanjaan yang tersimpan di dalam tas. Selain itu untuk meminimalisir tas belanja plastik yang masih marak digunakan, “ kata dia.

Selain itu, imbuhnya produk tas belanja unik ini, diklaim ramah lingkungan, karena memanfaatkan kain bekas yang  mudah didapatkan di lingkungan sekitar.

Kedua pelajar ini, bahkan membuat tiga model tas belanja sekaligus. Yakni tas ransel, jinjing dan traveling yang bisa dibawa saat bepergian jauh dengan moda transport udara, darat maupun laut.

Inovasi tas belanja menuai respon positif, saat diunggah ke media sosial. Pesanan tas ultraviolet ini terus meningkat, sehingga membuat mereka kualahan dalam memenuhi tingginya permintaan.

“Setelah produk tas UV ini kami unggah ke media sosial, pesanan terus berdatangan. Jujur kami menjadi kualahan dalam memenuhi tingginya permintaan, sehingga kami harus memanfaatkan tenaga UMKM atau penjahit di sekitar sini, “ bebernya.

Baca Juga: Hebat, Pelajar Ini Ciptakan Tas Belanja Sinar UV Anti COVID-19
Keren, Mahasiswa ITS Kembangkan Panel Surya dari Bahan Tumbuhan



Tas belanja ultraviolet cantik produk siswa SMAN 1 Gresik ini, ditawarkan dengan harga sangat terjangkau. Yakni dikisaran Rp100.000 hingga Rp150.000 tergantung model dan ukuran.

Inovasi yang dihasilkan kedua pelajar ini, mendapatkan apresiasi dan dukungan penuh dari pihak sekolah. Melalui bimbingan guru sekolah yakni Jaenuri, diharapkan siswa terus dapat berkreasi,  berinovasi dan mengembangkan potensi diri di tengah pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19.

“Atas terobosan tas belanja karya dua pelajar tersebut, mereka meraih medali emas dalam ajang lomba inovasi dan kewirausahaan siswa indonesia tahun 2021yang digelar Kemendikbud ristek, “ pungkas guru pembimbing, Jaenuri.

Video Terkait