Modernisasi, Negara Ini Luncurkan 100 Drone Pertanian

Ilustrasi - Drone pertanian.(Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 20 Februari 2022 | 13:30 WIB

Sariagri - Perdana Menteri India, Narendra Modi, meluncurkan 100 unit drone (pesawat nirawak) pertanian di seluruh India untuk menyemprotkan pestisida dan bahan pertanian lainnya, seperti dilansir dari XinhuaModi menyebut perkembangan itu sebagai inovasi yang baru dan menarik bagi para petani serta menjadi babak baru menuju sistem pertanian modern abad ke-21.

Teknologi baru tersebut akan memberdayakan petani dan membuat pertanian menjadi lebih menguntungkan. Lebih lanjut, Modi mengatakan perusahaan drone Garuda Aerospace telah menetapkan target untuk memproduksi 100.000 unit drone dalam dua tahun ke depan.

Baca Juga: Modernisasi, Negara Ini Luncurkan 100 Drone Pertanian
Keren! Petani Daerah Ini Mulai Terapkan Penyemprotan Padi Menggunakan Teknologi Drone

Ekosistem baru perusahaan rintisan (startup) drone sedang dibuat di India. Saat ini, ada lebih dari 200 perusahaan rintisan drone yang beroperasi di negara ini. Tidak lama lagi jumlah ini akan mencapai ribuan,” katanya.

Perdana Menteri India menyatakan kondisi itu juga akan menghasilkan jutaan kesempatan kerja baru. Penggunaan drone pertanian akan membantu petani untuk memantau kondisi kesehatan tanaman, melakukan perawatan tanaman, menganalisis tanah lapangan, dan menilai kerusakan tanaman.

Survei berbasis drone mampu meningkatkan hasil panen sekaligus mengurangi waktu dan biaya.

Video terkait:

 

Video Terkait