Traktor Tanpa Awak Ini Dapat Membajak Areal Persawahan Siang dan Malam

Traktor tanpa awak. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 29 Maret 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - John Deere, produsen alat pertanian terbesar di dunia, meluncurkan traktor swakemudi yang dapat membajak areal persawahan tanpa pengemudi. Traktor otomatis ini dapat dioperasikan siang dan malam.

Diluncurkan pada konvensi Asosiasi Teknologi Konsumen (CES) 2022 di Las Vegas, John Deere mengatakan bahwa traktor otonom 8R “memungkinkan petani untuk menempatkan benih, menyebarkan nutrisi, dan memanen tanaman mereka tanpa harus menyentuh kemudi.”

Melansir Good News Network, di wikayah pedesaan Amerika, petani sering harus membajak, mengolah, benih, semprot, dan panen ribuan hektar di padang terpisah satu sama lain. Dengan traktor otonom, mereka dapat membajak satu ladang secara robotik, dan yang lainnya dengan cara kuno, memberi para petani lebih banyak waktu untuk melakukan pekerjaan yang lebih sensitif.

“Traktor tanpa pengemudi dilengkapi dengan enam pasang kamera yang bekerja seperti mata manusia dan dapat memberikan gambar 360 derajat,” lapor AP.

“Ketika disaring melalui algoritma komputer, traktor dapat menentukan di mana ia berada di lapangan dan akan berhenti secara otomatis jika ada sesuatu yang asing di jalurnya," tambah laporan tersebut.

Baca Juga: Traktor Tanpa Awak Ini Dapat Membajak Areal Persawahan Siang dan Malam
China Modernisasi Pertanian Lewat Traktor Tak Berawak



Mengingat kondisi iklim yang berubah, penggunaan traktor diperkirakan dapat menghemat ribuan dolar lebih per acre bagi petani.

John Deere berpendapat bahwa teknologi maju selalu ada di pertanian, dan mereka yang dianggap sebagai orang Amerika yang paling pedesaan sekarang dapat menggunakan beberapa buah inovasi teknologi pertanian. Perusahaan belum merilis harga resmi, tetapi harga traktor ini diperkirakan berkisar $ 500.000 atau setara Rp. 7,1 miliar.

Sumber photo:

https://www.goodnewsnetwork.org/new-john-deere-autonomous-farming-tractors-debut-in-2022/

 

 

Video Terkait