Canggih, Uni Emirat Arab Kini Punya Pertanian Rumah Kaca Raksasa

Ilustrasi - Rumah kaca. (Pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 30 Maret 2022 | 16:10 WIB

Sariagri - Uni Emirat Arab kini memiliki bangunan rumah kaca raksasa seluas lebih dari 12.000 meter persegi yang terletak di Sharjah. Gedung pertanian tertutup yang bentuknya unik dengan dukungan teknologi canggih ini digunakan untuk budidaya beragam sayuran, termasuk tomat.

Rumah kaca tersebut memiliki atap polikarbonat seluler yang terdiri dari dua sektor budidaya yang dipisahkan oleh koridor tertutup jalan, di mana udara ditangkap untuk sistem pendingin dan area layanan untuk peralatan pendukung yang terbuat dari struktur tabung dan atap panel sandwich.

Seluruh sistem dikendalikan oleh komputer. Kotak aspirator yang mengukur sensor suhu dan kelembaban relatif terhubung di setiap sektor, serta sensor stasiun cuaca yang mengukur radiasi matahari, kecepatan angin dan arah angin. Komputer proses dapat secara proaktif mengontrol iklim lokal.

Baca Juga: Canggih, Uni Emirat Arab Kini Punya Pertanian Rumah Kaca Raksasa
Tingkatkan Pertanian, Negara Ini Dorong Pemanfaatan Teknologi Cerdas Iklim



Proyek ini bertujuan untuk menciptakan komunitas pembangunan dan pertanian serta menghasilkan produk pertanian organik berkualitas tinggi. Teknologi pertanian yang digunakan juga memungkinkan untuk menghadapi tantangan saat ini, seperti kelangkaan air.

Rumah kaca yang dibangun oleh perusahaan asal Spanyol, Hoogendoorn Growth Management dan Rufepa TECNOAGRO, dinilai sebagai salah satu teknologi modern terpenting yang telah berhasil menyediakan kondisi pertumbuhan yang sesuai, melindungi tanaman dari fluktuasi cuaca dan hama, dan membantu menghasilkan berbagai jenis produk pertanian dalam jumlah besar dan di luar musim.

Proyek ini menawarkan kemungkinan budidaya tanaman di atas tanah dengan irigasi tetes terintegrasi, tetapi juga melalui sistem hidroponik, yang telah dilengkapi dengan sistem tanam di kantong serat kelapa sebagai substrat.

Fasilitas pertanian rumah kaca ini dibangun atas nama Yang Mulia Sheikh Dr. Sultan bin Muhammad Al Qasimi, Anggota Dewan Tertinggi dan Penguasa Sharjah. Menteri Pertanian Murcia, Spanyol, Antonio Luengo, secara resmi membuka rumah kaca tersebut.

"Adalah sebuah kebanggaan melihat bahwa teknologi inovatif kami untuk pengelolaan air irigasi menawarkan solusi efektif dalam situasi kelangkaan air yang ekstrem. Ini adalah insentif terbaik untuk terus berinvestasi dalam modernisasi dan teknologi," ujar Antonio Luengo seperti dikutip dari hortidaily.

Video Terkait