Cerita Dosen ITS, Ciptakan Robot Layanan Medis Bersama MIT

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari (dua dari kanan) menjelaskan sistem kerja RAISA kepada Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak. (Istimewa)

Editor: M Kautsar - Minggu, 3 April 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - SariAgri.id - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) siap kembangkan robot pelayanan medis Raisa bersama dengan Massachussets Institute of Technology (MIT). Hal tersebut diungkapkan oleh Dosen Teknik ITS dan Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Robotika ITS sekaligus Pengembang Robot Raisa, Muhtadin saat wawancara via Zoom, beberapa waktu lalu. 

"Dalam waktu dekat ini kami akan kerjasama dengan MIT untuk mengembangkan (robot Raisa) ini, tapi dalam bentuk riset," kata dia.

Muhtadin mengatakan, ITS saat ini sudah memiliki penelitian bersama dengan MIT di bidang biomedis. Rencananya, produk hasil diskusi ini akan diluncurkan Agustus 2020 mendatang.

"Kami masih menunggu skema penelitiannya, infonya bulan agustus akan di-launching programnya. Kami sudah memiliki penelitian bersama dengan MIT, pada bidang biomedis, agustus ini rencananya akan ada skema baru terkait dengan Covid-19, nah di skema baru tersebut rencananya kami akan melibatkan Raisa," jelas dia.

Sementara itu, ITS belum lama ini telah mengembangkan robot pelayanan kesehatan yang diberinama Raisa. Inovasi ini merupakan hasil kerjasama antara ITS dan UNAIR sebagai salah satu cara menekan angka penularan Covid-19 di kalangan tenaga medis.

Baca Juga: Cerita Dosen ITS, Ciptakan Robot Layanan Medis Bersama MIT
Robot Hybrid, Inovasi Dosen ITS Bantu Proses Operasi Tulang

Robot ini dapat membantu pekerjaan perawat sehingga tidak perlu terlalu sering berinteraksi dengan pasien terjangkit Covid-19.

Robot Raisa ini telah digunakan di beberapa rumah sakit di Jawa Timur, seperti Rumah Sakit UNAIR, Saiful Anwar Malang dan Husada Surabaya. Rencananya, robot ini juga akan dikirim untuk membantu tenaga medis di Jakarta.

Video Terkait