Ceritakan Pengalaman Dirikan M-Tani, Moeldoko: CEO Harus Bisa Begini

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 20 April 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyerukan kepada para CEO muda untuk bersiap dan sigap memikirkan tantangan di masa depan, serta mampu memahami dinamika sosial politik dan ekonomi global.

"Sebagai CEO yang andal, kita tidak hanya dituntut menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi saat ini. Tetapi juga dituntut untuk dapat memprediksi perubahan-perubahan yang terjadi di masa mendatang," kata Moeldoko saat memberikan sambutan dalam acara "Indonesia Best 50 CEO Awards 2022 Employees’ Choice" yang diselenggarakan oleh The Iconomics, di Jakarta, Rabu.

Kepala Staf membagikan pengalaman pribadi-nya sebagai seorang Founder/CEO. Selepas pensiun menjadi Panglima, Moeldoko mengatakan mendirikan M-Tani setelah melihat peluang digitalisasi di sektor pertanian.

Menurutnya, melalui kerja sama dengan lembaga-lembaga riset, M-Tani mampu menciptakan bibit padi baru bernama M70 yang bisa dipanen hanya dalam 70 hari saja.

Ia juga mengatakan mendirikan Mobil Anak Bangsa (MAB) dengan harapan transportasi di Indonesia bisa menjadi lebih ramah lingkungan untuk menjaga keberlangsungan alam untuk anak cucu bangsa.

"Sebagai CEO harus tidak mudah menyerah, jangan lemah. Harus mampu bertindak sebagai sumber inspirasi untuk menumbuhkan kreativitas bagi institusi yang dipimpin," lanjutnya.

Baca Juga: Ceritakan Pengalaman Dirikan M-Tani, Moeldoko: CEO Harus Bisa Begini
Digitalisasi Pertanian, Gokomodo Bangun Hub di Lampung

Tidak hanya mengapresiasi acara penganugerahan BEST CEO 2022 ini, Moeldoko juga sempat menyapa dan menyemangati para CEO-CEO muda yang turut hadir dalam acara.

Sementara itu, sebanyak 50 CEO pilihan dari berbagai sektor industri, mulai dari sektor transportasi, properti, teknologi dan seterusnya, dianugerahi predikat CEO terbaik oleh The Iconomics berdasarkan pilihan dari para pegawai.