Keren, Petani Durian Gunakan Laptop untuk Kontrol Tanamannya

Buah Durian. (Pixabay/karolranis)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 4 Mei 2022 | 10:45 WIB

Sariagri - Di era yang serba digital saat ini, tak ada yang tidak mungkin jika ingin menjadi seorang petani modern. Lewat Internet of Things (IoT), pemupukan hingga irigasi bisa dilakukan.

Seperti yang dilakukan oleh petani durian asal Malaysia yang mampu mengontrol tanamannya lewat laptop. Ia menggunakan fitur seperti hub yang sangat otomatis untuk menggabungkan aplikasi di antara pepohonan.

Adalah Regaltech Malaysia mengkhususkan diri dalam mengembangkan solusi pertanian cerdas, yang didukung oleh Alibaba Cloud.

"Kami hadir untuk benar-benar membantu para petani dalam upaya meningkatkan hasil dan kualitas hasil yang lebih baik, dengan menggunakan sensor tanah untuk mengukur kelembaban tanah, nutrisi tanah, bahkan Ph dan suhu juga. Sensor tanah itu sendiri menggunakan Internet of Things, sebenarnya mengirimkan secara nirkabel ke Alibaba Cloud," ujar Tan Han Wei dari Regaltech, dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Keren, Petani Durian Gunakan Laptop untuk Kontrol Tanamannya
Ini Rahasia Pertanian di Wilayah Xinjiang Cina Lebih Efisien

Diketahui, dengan cara ini, petani dapat dengan mudah mengontrol sistem pemupukan dan irigasi gabungan melalui laptop atau ponsel. Bahka Sam Leong mengatakan ketika ia pertama kali memberi tahu petani durian lain bahwa dia akan berinvestasi dalam teknologi ini, mereka menertawakannya.

Sementara itu, Alibaba Cloud membantu pemerintah dan sektor swasta di Malaysia untuk meningkatkan efisiensi mereka, apakah itu mengendalikan lalu lintas jam sibuk atau menciptakan buah yang lebih berlimpah dan lezat.

Video Terkait