Peneliti Ungkap Fakta Jamur Bisa Berbicara Lebih dari 50 Kata

Ilustrasi jamur tiram. (Foto: Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 24 Mei 2022 | 18:50 WIB

Sariagri - Para peneliti Inggris mengungkapkan fakta bahwa jamur sebenarnya dapat 'berbicara' dengan rekan-rekan mereka, bahkan bisa berkomunikasi lebih dari 50 kata.

Mengutip dari Science, kata-kata yang dikomunikasikan oleh jamur sangat dekat dengan distribusi bahasa manusia, mereka mampu memberi tahu rekan-rekannya bahwa ada bahaya atau makanan melalui aktivitas gelombang listrik.

Prof Andrew Adamatzky di laboratorium University of the West of England di Bristol menganalisis pola lonjakan listrik yang dihasilkan oleh empat spesies jamur berbeda, yakni enoki, split gill, ghost, dan jamur ulat. Dia melakukan penelitian ini dengan memasukkan mikroelektroda kecil ke dalam substrat yang dikolonisasi oleh tambal sulam benang hifa, miselia mereka.

Penelitian mengungkapkan bahwa jamur mampu melakukan komunikasi, pada sejumlah kasus, mereka bisa mengirim sinyal elektromagnetik bertukar pesan dengan tetangga mereka. Selain itu, ilmuwan menjelaskan jamur berkomunikasi lewat gelombang radio untuk menjaga keutuhan kelompok.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Fakta Jamur Bisa Berbicara Lebih dari 50 Kata
Memulihkan Lahan Tercemar Merkuri dengan Memanfaatkan Jamur

Dalam penelitian yang diterbitkan di Royal Society Open Science, menemukan bahwa gelombang listrik ini sering mengelompok menjadi rangkaian aktivitas, menyerupai kosakata hingga 50 kata, dan distribusi panjang kata jamur ini sangat cocok dengan bahasa manusia.

Ilmuwan bahkan menemukan bahwa cara jamur berkomunikasi sangat mirip dengan cara sel saraf manusia menstransmisikan. Meski begitu, ilmuwan lain ingin melihat lebih banyak bukti sebelum mereka mau menerimanya sebagai bentuk bahasa. Ilmuwan membutuhkan lebih banyak lagi penelitian dan pengujian hipotesis kritis.

Video Terkait