Jepang Sukses Uji Coba Robot Pembasmi Gulma di Sawah

Jepang sukses uji coba robot pembasmi gulma (Istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 3 Juni 2022 | 18:55 WIB

Sariagri - Gulma merupakan tanaman yang tumbuh di sekitar tanaman budidaya yang kehadirannya tidak diinginkan. Pasalnya, gulma dinilai bisa merugikan karena dapat menghambat pertumbuhan, menurunkan kualitas bahkan menjadi sarang bagi hama dan penyakit.

Umumnya para petani akan menggunakan berbagai cara untuk membasmi gulma, seperti mencabut gulma dengan alat konvensional maupun memakai bahan kimia.

Namun, baru-baru ini sebuah robot yang dirancang untuk menyediakan metode hijau membasmi gulma sawah sedang diuji di sebuah peternakan di Prefektur Nagano, Jepang Tengah.

Robot sepanjang satu meter ini dikembangkan oleh perusahaan rintisan yang berbasis di Tokyo. Robot ini menggunakan tenaga surya dan bergerak pada rute terprogram hingga 10 jam.

Rotor sekrup di bagian bawah mengaduk air di sawah, menghilangkan gulma yang masih baru tumbuh. Air berlumpur juga membantu menekan pertumbuhan gulma dengan mengurangi sinar matahari.

Baca Juga: Jepang Sukses Uji Coba Robot Pembasmi Gulma di Sawah
Dianggap Penting, Mantan Pengacara Tesla Gabung Perusahaan Robotika Pertanian

"Robot ini diharapkan bisa seefektif bebek yang digunakan oleh beberapa petani untuk menghilangkan gulma tanpa menggunakan bahan kimia," demikian laporan kantor berita Jepang, NHK.

Pemilik sawah berharap robot itu bisa meringankan beban kerja saat pembasmian atau penyiangan. Petani di sana mengatakan teknologi maju harus membuat pertanian menyenangkan dan dapat mendorong lebih banyak orang untuk mengambilnya.

Video Terkait