Pakan Daun Ganja Tingkatkan Kualitas Daging dan Telur Ayam?

Ilustrasi - Peternakan ayam. (Antara)

Editor: M Kautsar - Jumat, 17 Juni 2022 | 17:10 WIB

Sariagri - Para peneliti di Universitas Chiang Mai, Thailand telah mempelajari dampak pemberian daun ganja pada ayam, karena para peternak setempat mengklaim pakan daun ganja meningkatkan kualitas daging dan telur. Hasil penelitian ternyata memang menunjukkan bahwa klaim para peternak itu benar.

Akademisi di universitas tersebut telah mempelajari 1.000 ekor ayam sejak Januari lalu di sebuah peternakan organik di Lampang, utara Thailand, untuk melihat bagaimana ayam-ayam itu merespons ketika ganja dicampur ke dalam pakan atau air mereka, demikian dilansir First Post yang mengutip laporan The Guardian.

Para peneliti memberikan daun ganja tersebut kepada ayam dalam berbagai takaran, dan dalam bentuk yang berbeda seperti air rebusan daun ganja atau campuran pakan ayam dan daun ganja yang dihancurkan.

Para peneliti kemudian mengukur dampak ganja pada pertumbuhan ayam, kerentanan terhadap penyakit, dan memeriksa apakah daging dan telur memiliki kualitas yang lebih baik. Hasilnya menunjukkan, ayam yang diberi suplemen ganja cenderung mengalami lebih sedikit kasus bronkitis unggas, dan kualitas dagingnya (dinilai dari komposisi protein, lemak dan kelembapannya, serta kelembutannya) juga lebih unggul.

Penelitian ini dipimpin oleh Chompunut Lumsangkul, asisten profesor di Departemen Ilmu Hewan dan Akuatik, Universitas Chiang Mai. Meskipun hasil penelitiannya belum dipublikasikan, Chompunut meyakini tanda-tanda positif pada ayam yang diberi pakan tambahan ganja.

Klaim peternak

Sebelumnya, seperti dilaporkan The Straits Times, Presiden Perusahaan Komunitas Peth Lanna, Sirin Chaemthet, mengatakan para peternak memilih pakan daun ganja setelah induk ayam mereka ditemukan menderita bronkitis unggas meskipun sudah disuntik dengan antibiotik.

Para petani menemukan bahwa ketika ayam diberi makan ganja, ayam mengembangkan kekebalan yang lebih tinggi terhadap penyakit, serta lebih mampu menahan cuaca buruk. Akhirnya, menejeman Peth Lanna memutuskan untuk menghilangkan antibiotik dan hanya memberi makan ayam mereka dengan ganja.

Perlu studi lebih lanjut

Baca Juga: Pakan Daun Ganja Tingkatkan Kualitas Daging dan Telur Ayam?
Peternak Thailand Gunakan Ganja untuk Pakan Ayam



Meskipun belum ada penjelasan mengapa memberi makan ganja memiliki efek positif pada ayam, Chompunut mengatakan bahwa ada kemungkinan senyawa bioaktif dalam ganja dapat merangsang kesehatan usus ayam dan kekebalan tubuhnya sehingga meningkatkan kinerja organ yang lain.

Dia mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah ganja dapat menggantikan antibiotik dalam peternakan ayam. Untuk saat ini, peneliti sedang merencanakan studi kedua di mana mereka akan menggunakan ekstrak ganja dengan intensitas lebih tinggi untuk mengamati dampaknya terhadap penyakit dan tingkat kematian di antara ayam.

Video Terkait