Peneliti Eropa Temukan Fosil Spesies Predator yang Disebut 'Anjing Beruang'

Ilustrasi anjing beruang (Denny Navarra via Peerj.com)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 19 Juni 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Sebuah tim ahli paleontologi internasional, baru-baru ini menemukan spesies predator baru yang hidup antara 7,5 juta dan 36 juta tahun yang lalu di Eropa barat. Disebut sebagai 'Anjing beruang', spesies satu ini memiliki ukuran seperti singa dan tinggal di daerah pegunungan yang sekarang menjadi Pyrenees.

Peneliti menemukan sebuah tulang rahang ditemukan di endapan laut berusia antara 12 juta dan 12,8 juta tahun yang diperiksa di komunitas kecil Sallespisse di wilayah Pyrenees-Atlantiques di barat daya Prancis.

Sebuah tim ahli paleontologi internasional, yang dipimpin oleh Dr Bastien Mennecart dari Museum Sejarah Alam Basel, menyimpulkan bahwa tulang itu milik sekelompok karnivora yang dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai "anjing beruang", yang beratnya sekitar 320 kilogram dan dapat menghancurkan tulang dengan gigi mereka.

Dr Mennecart mengatakan kepada The National bahwa temuan itu adalah "kedamaian yang tak ternilai dalam sejarah Bumi" karena sifat langka dari penemuan fosil di wilayah tersebut.

"Perubahan iklim yang terkait dengan persaingan dengan pendatang baru mungkin menjadi penyebab kepunahan mereka," katanya.

Dia mengatakan kemungkinan besar anjing beruang akan menjadi hewan oportunistik, hewan penyendiri yang mirip dengan beruang saat ini, daripada berlari dalam kelompok seperti anjing.

"Mereka akan berburu mangsa besar. Mereka juga akan berpatroli di garis pantai mencari bangkai seperti lumba-lumba," kata Dr Mennecart.

Nama ilmiah untuk spesies baru ini adalah Tartarocyon . Nama ini berasal dari Tartaro, raksasa bermata satu yang kuat dari mitologi Basque. Legenda Tartaro juga dikenal di Bearn, wilayah di mana tulang rahang bawah ditemukan.