Ilmuwan Ciptakan Robot Ikan yang Mampu Menyerap Mikroplastik

Ilustrasi sampah plastik. (Foto: Unpslash)

Editor: Putri - Jumat, 24 Juni 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Para ilmuwan berhasil menciptakan robot ikan kecil yang diprogram untuk menghilangkan mikroplastik dari laut dan samudera dengan berenang di sekitar. Robot tersebut menyerap mikroplastik pada tubuhnya yang lembut, fleksibel, dan dapat memperbaiki diri sendiri.

Mengutip The Guardian, Jumat (24/6/2022), robot ikan yang diciptakan para ilmuwan di Universitas Sichuan adalah solusi inovatif untuk melacak polutan mikroplastik. Robot kecil ini bisa berenang sendiri, menempel pada mikroplastik yang mengambang bebas kemudian memperbaiki dirinya sendiri jika rusak selama ekspedisi.

Robot ikan ini hanya memiliki panjang 13 mm dan berkat sistem laser ringan di ekornya, ikan ini bisa berenang hampir 30 mm per detik. Kecepatan tersebut mirip dengan kecepatan plankton yang melayang di air yang bergerak.

Badan robot terbuat dari bahan yang mirip dengan nacre atau lapisan dalam cangkang kerang. Hal ini membuat robot ikan menjadi elastis, fleksibel untuk dipelintir, namun mampu menarik berat hingga 5 kg.

Ikan bionik ini dapat menyerap mikroplastik yang mengambang bebas di sekitarnya karena pewarna organik, antibiotik, dan logam berat dalam mikroplastik memiliki ikatan kimia yang kuat dan interaksi elektrostatik dengan bahan robot ikan.

"Setelah robot mengumpulkan mikroplastik di dalam air, para peneliti dapat menganalisis lebih lanjut komposisi dan toksisitas fisiologis mikroplastik tersebut," kata peneliti di Institut Penelitian Polimer Universitas Sichuan, Yuyan Wang. Wang juga menjadi salah satu penulis utama studi tersebut.

Selain itu, bahan baku robot memiliki kemampuan regeneratif, sehingga robot ikan dapat menyembuhkan dirinya sendiri hingga 89 persen dari kemampuannya. Robot ikan ini terus menyerap polutan bahkan jika mengalami kerusakan.

Mikroplastik adalah miliaran partikel plastik kecil yang terfragmentasi dari benda-benda plastik yang lebih besar yang digunakan setiap hari seperti botol air, ban mobil, dan kaos sintetis.

Baca Juga: Ilmuwan Ciptakan Robot Ikan yang Mampu Menyerap Mikroplastik
Ilmuwan Buat Robot Ikan Bertenaga Sel Jantung Manusia



Mikroplastik adalah salah satu masalah lingkungan terbesar abad ke-21, karena begitu tersebar ke lingkungan akan sangat sulit untuk dihilangkan. Bahkan bisa masuk ke air minum, produk, dan makanan, merusak lingkungan dan hewan yang pastinya mengganggu kesehatan manusia.

"Sangat penting untuk mengembangkan robot yang secara akurat mengumpulkan dan mengambil sampel polutan mikroplastik yang merugikan dari lingkungan perairan," tandas Wang.

Video Terkait