Kasus Covid-19 Kembali Naik, Dubai Minta Warga Beli Hewan Kurban via Ponsel

Ilustrasi belanja digital. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Minggu, 26 Juni 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Otoritas berwenang di Dubai, Uni Emirat Arab melibatkan para dokter hewan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban menjelang perayaan Idul Adha. Mereka juga menghimbau warga untuk menggunakan aplikasi pintar untuk memesan hewan kurban, ditengah gelombang baru penyebaran Covid-19.

Dalam merayakan Idul Adha, yang jatuh pada bulan Juli tahun ini untuk menandai akhir musim haji, warga secara tradisional membeli seekor domba utuh untuk disembelih dan dibagikan kepada teman, keluarga dan orang miskin.

Untuk menghindari kepadatan di fasilitas rumah potong selama Idul Fitri, pejabat Dubai telah mendesak orang untuk menggunakan aplikasi pintar untuk membuat pesanan mereka, karena emirat menyaksikan gelombang baru infeksi virus corona. Melalui aplikasi, warga dapat memesan hewan kurban untuk disembelih, dikirim atau bahkan didistribusikan ke badan amal setempat.

Meskipun aplikasi semacam itu tidak tersedia secara luas di negara-negara Muslim, aplikasi tersebut telah digunakan di beberapa negara seperti Pakistan. Dubai, salah satu dari tujuh anggota Uni Emirat Arab, memiliki tujuh aplikasi, kata para pejabat.

Ali al-Hamadi, direktur layanan kesehatan masyarakat di kotamadya Dubai, mengatakan pengiriman melalui aplikasi dilakukan “dalam satu atau dua jam, menghemat waktu dan energi orang.” “Dalam dua tahun terakhir, karena COVID-19, banyak yang menggunakan aplikasi pintar, karena tindakan pencegahan masih diperlukan, dan kami harus mempertimbangkannya,” katanya kepada AFP.

Fayez al-Badr, yang bertanggung jawab atas salah satu aplikasi pintar Dubai, mengatakan pelanggan dapat “memesan jenis penyembelihan, umurnya, dan dapat, melalui aplikasi, membayar dan mengirimkannya dalam van berpendingin.”

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Naik, Dubai Minta Warga Beli Hewan Kurban via Ponsel
Canggih! Pedagang Hewan Kurban Ini Pakai Teknologi VR



Melansir Daily Sabah, UEA memperingatkan awal bulan ini bahwa orang harus mengikuti langkah-langkah anti-COVID termasuk mengenakan masker di dalam ruangan atau menghadapi denda berat, setelah kasus meningkat lebih dari dua kali lipat dalam seminggu.

Umat ??Muslim memperingati Idul Fitri dengan membeli domba dan kambing untuk disembelih dalam ritual tahunan yang bermula dari kisah nabi Ibrahim, yang diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putra kesayangannya Ismail sebagai ujian imannya. Domba disembelih, mengacu pada domba yang disediakan Tuhan untuk dikorbankan, bukan Ismail.

Video Terkait