Mengenal Perkembangan Teknologi Beserta Dampaknya bagi Kehidupan Manusia

Ilustrasi satelit luar angkasa. (pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 25 Februari 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Teknologi sangat berperan penting terhadap pembangunan dan perkembangan dari suatu negara. Jika dibandingkan dengan 10 atau 15 tahun kebelakang, perkembangan teknologi di Indonesia memang mengalami percepatan yang sangat signifikan.

Definisi teknologi sendiri adalah semua sarana dan prasarana yang bermacam-macam bentuknya yang memenuhi keperluan hidup dan meningkatkan kenyamanan hidup manusia. Perkembangan tersebut bisa dilihat dari semua kalangan dan berbagai bidang. Tanpa adanya perkembangan teknologi, maka perubahan zaman tidak akan secepat dan secanggih seperti sekarang.

Perkembangan teknologi di Indonesia

Pada dasarnya perkembangan teknologi di Indonesia sudah terjadi sejak zaman pra-aksara. Hal ini dapat dilihat ketika masuknya era kerajaan Hindu-Buddha, perkembangan dari teknologi informasi dan komunikasi kembali terjadi berkat pengaruh kebudayaan dari India.

Selanjutnya, ketika memasuki era modern, masyarakat Indonesia banyak melakukan adopsi teknologi dari luar negeri. Beberapa yang dirasakan adalah perkembangan gadget, internet, sampai berbagai macam inovasi dan kreatif yang mampu memudahkan kegiatan sehari-hari.

Perkembangan ini tidak hanya berdampak ke sektor komunikasi, namun juga sangat terasa pada sektor pendidikan, manufaktur, kesehatan, hingga sistem pertahanan.

Contoh perkembangan teknologi

1. Radio

Perkembangan radio di Indonesia tercatat sudah dimulai pada tahun 1920-an, ketika pemerintah kolonial Belanda membangun beberapa stasiun radio untuk keperluan internal. Tonggak sejarah teknologi radio di Indonesia terjadi pada tahun 1945, dimana pemerintah Indonesia berhasil membangun stasiun radio nasional pertama yang diberi nama RRI (Radio Republik Indonesia).

2. Satelit

Peluncuran satelit Palapa di era Orde Baru (8 Juli 1976) merupakan upaya Indonesia dalam merespon kedaulatan komunikasi serta informasi yang efektif.

3. Internet

Bermula dari proyek pembuatan Internet Protocol (IP) bernama UI-NETLAB di Universitas Indonesia, teknologi internet mulai berkembang di Indonesia. Teknologi internet pertama hasil besutan ISP IndoNet muncul pada tahun 1994 dengan memanfaatkan layanan dial-up. Kemudian sekitar satu tahun berselang (1995), Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan izin usaha yang merupakan sinyal lampu hijau terkait industri jaringan di Tanah Air.

Dampak Positif Perkembangan Teknologi

Terlepas dari dominasi dan pesatnya evolusi teknologi, dampak positif maupun negatif di lingkungan pun tidak bisa dihindarkan. Beberapa pengaruh positif yang dihasilkan perkembangan dari teknologi ini, dapat dilihat sebagai berikut:

1. Membuka Lapangan Kerja Baru

Berkembangnya teknologi seperti adanya internet, berdampak pada luasnya lapangan kerja baru yang ada di Indonesia, seperti programmer, admin, web developer, SEO Specialist, content writer, dan sebagainya.

2. Mempermudah Pertukaran Informasi

Sebelum adanya teknologi, penyebaran informasi dan komunikasi hanya sebatas melalui surat kabar, radio, televisi, atau telegram. Namun memasuki abad 20an, internet telah hadir sehingga membuat penyebaran informasi menjadi mudah dan sangat cepat.

3. Memudahkan Proses Jual-beli

Saat ini perkembangan marketplace sangat marak dalam proses jual beli. Masyarakat tidak lagi pergi ke tempat perbelanjaan hanya untuk membeli suatu barang. Cukup menggunakan internet di ponsel maka kita sudah bisa membeli barang yang diinginkan.

4. Memudahkan kegiatan bekerja

Perkembangan dari teknologi juga memberi dampak positif terhadap kegiatan pekerjaan. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, membuat siapapun bisa bekerja dari rumah.

Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

Hadirnya teknologi memang sangat memudahkan dan memberi kenyamanan bagi kehidupan manusia. Namun jika tidak digunakan secara bijak, maka bisa berakibat fatal karena beberapa dampak negatif yang justru memperburuk kualitas hidup. Berikut ini adalah beberapa contoh dampak negatifnya:

1. Menurunnya sosialisasi antar manusia

Dengan hadirnya internet, yang memudahkan manusia dalam berkomunikasi membuat interaksi sosial antar manusia secara langsung menjadi sangat berkurang. Banyak orang yang beranggapan bahwa sekarang apapun bisa lewat internet, sehingga sekarang hubungan dengan sesama manusia seperti ada jarak.

Baca Juga: Mengenal Perkembangan Teknologi Beserta Dampaknya bagi Kehidupan Manusia
Teknik dari Pilar Tani Jogja Ini Bikin Petani Hemat 6 Kali Lipat Jawab Kelangkaan Pupuk

2. Ketergantungan dengan gadget

Bukan hal yang aneh lagi jika saat ini banyak orang yang sudah mengalami ketergantungan gadget. Mereka terlalu fokus pada ponsel masing-masing, menggunakan berbagai aplikasi yang membuatnya asik sendiri.

3. Tenaga manusia menjadi tergantikan

Meski bisa menghasilkan lapangan pekerjaan yang baru, faktanya kehadiran teknologi juga bisa membuat jumlah pengangguran semakin meningkat. Hal ini dikarenakan semakin banyak perusahaan yang menggunakan teknologi dibandingkan manusia.