Apa Arti Teknologi? Simak Ulasannya, Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya

Ilustrasi - atm yang jadi contoh teknologi perbankan (Freepik)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 9 Maret 2022 | 13:20 WIB

Sariagri - Di era modern seperti sekarang ini, teknologi telah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kehadiran teknologi sangat mempengaruhi masyarakat dan lingkungan sekitar, serta membantu manusia dalam beberapa hal seperti dalam pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Lantas arti teknologi itu sendiri seperti apa?

Apa arti teknologi?

Secara etimologi, teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’. Sehingga jika disimpulkan, arti teknologi adalah penerapan pengetahuan ilmiah untuk tujuan praktis dalam kehidupan manusia atau pada perubahan dan manipulasi lingkungan manusia.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, arti teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Jenis-Jenis Teknologi

Melihat arti teknologi diatas, dapat disimpulkan bahwa teknologi sangat berkembang secara drastis dan pesat. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya inovasi dan penemuan yang bersifat sederhana hingga rumit. Teknologi ini sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Teknologi informasi, yakni suatu teknologi yang dapat membantu manusia untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan efektif.
2. Teknologi komunikasi, yakni sebuah teknologi yang membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain dan mereka saling mengirimkan informasi menggunakan perangkat tertentu.
3. Teknologi pendidikan, yakni suatu teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, di mana dalam kegiatan ini memanfaatkan teknologi atau alat bantu tertentu.
4. Teknologi transportasi, yakni suatu teknologi yang dapat membantu manusia untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu yang cepat.
5. Teknologi medis, yakni sebuah teknologi yang berhubungan dengan ilmu kedokteran, di mana kegiatan medis ini telah memanfaatkan teknologi medis.
6. Teknologi konstruksi, yakni suatu teknologi yang sangat berkaitan dengan struktur bangunan. Sebab saat akan membangun sebuah bangunan, kamu pasti memerlukan teknologi.

Manfaat Teknologi dalam Berbagai Bidang

1. Manfaat Teknologi dalam Bidang Bisnis

Para pengusaha atau siapapun yang berkecimpung di dunia bisnis, pasti merasakan manfaat dari teknologi, terutama bagi mereka yang menjalankan usahanya dengan basis online. Dengan adanya teknologi, dan bermodalkan gadget dan kuota, pengusaha tersebut sudah bisa memulai usaha bahkan dari rumah.

2. Manfaat Teknologi dalam Bidang Perbankan

Dengan adanya perkembangan teknologi, saat ini penyetoran dan pengambilan uang bisa dilakukan secara online. Kita sudah tidak perlu lagi repot untuk mengantri di bank. Selain itu gerai ATM sudah banyak tersebar di setiap sudut kota dengan layanan 24 jam nonstop. Hal ini tentu sangat menghemat waktu dan biaya.

3. Manfaat Teknologi dalam Bidang Telekomunikasi

Selain itu, manfaat teknologi dalam bidang telekomunikasi sangat dirasakan manusia saat ini. Dengan adanya teknologi, kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat bahkan sampai mancanegara. Kemudahan ini bisa kita dapatkan dengan menggunakan media sosial yang ada di smartphone ke semua orang yang ada di dunia.

Baca Juga: Apa Arti Teknologi? Simak Ulasannya, Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya
Berbagai Pengertian Teknologi dari Para Ahli, Serta Jenis dan Manfaatnya

4. Manfaat Teknologi dalam Bidang Pendidikan

Perkembangan teknologi juga bisa kita dapatkan dalam bidang pendidikan. Dengan memanfaatkan media internet kita sudah bisa menambah wawasan dan pengetahuan yang mungkin tidak kamu temukan di dalam buku. Bahkan kini pendaftaran sekolah pun yang dulunya harus datang langsung ke sekolah yang diinginkan, sekarang sudah mulai menerapkan registrasi berbasis online. Bahkan saat kondisi pandemi saat ini pun, banyak sekolah yang memberikan fasilitas belajar mengajar melalui perantara internet.

5. Manfaat Teknologi dalam Bidang Kesehatan

Manfaat teknologi lainnya yang bisa kamu rasakan adalah bidang kesehatan. Bisa dikatakan bahwa teknologi amat sangat berjasa dalam perbaikan manajemen di klinik atau rumah sakit. Dahulu pencatatan riwayat kesehatan pasien hanya ditulis dalam sebuah berkas, sekarang sudah tergantikan dengan diarsipkannya data di dalam komputer. Hal ini akan sangat membantu petugas untuk mengetahui rekam medis pasien dengan cepat.